Keamanan Dalam Bermain Games Online


Abstrak 
 
Perkembangan teknologi internet membawa suatu perubahan pula mereka yang hobi bermain game. Jika sebelumnya seseorang hanya bermain di dalam kamar sendirian ditemani sebuah televisi dan mesin Nintendo atau Playstation, kini mereka yang mempunyai akses internet dapat bermain bersama ribuan orang di seluruh dunia. Mereka yang tidak memiliki komputer dan akses internet pribadi pun dimanjakan dengan menjamurnya game cente.
Semakin berkembangnya online game bukannya tanpa masalah. Masalah paling besar yang dihadapi user adalah pencurian aset pemain dalam game, yang oleh user disebut hacking. Hal ini antara lain menyangkut kerahasiaan password. Selain masalah hacking, ada juga penggunaan software ilegal yang memang dapat membantu seseorang dalam bermain, namun tidak fair. Contoh untuk masalah tersebut adalah penggunaan speed hack, yang mempercepat respon client terhadap server, sehingga kecepatan gerak character milik user tersebut manjadi lebih cepat daripada character lainnya.
Penyedia layanan online game telah berusaha meredam kecurangan - kecurangan tersebut, antara lain dengan menggunakan security software. Namun masih banyak celah yang dapat ditembus.



Pendahuluan

TembemzJG berjalan dengan langkah ringan menuju game center langganannya di sebuah kompleks pertokoan di daerah Cihampelas. Hari itu dia berniat untuk bermain Ragnarok hendak memainkan character – nya yang berprofesi sebagai Hunter. Setelah melapor pada operator, kemudian menyapa beberapa orang yang ia kenal, ia duduk di hadapan komputer dan menjalankan Gamenya, kemudian memasukkan user-id dan password. Alangkah terkejutnya ia menemukan bahwa seluruh equipment milik character – nya telah hilang. Ia baru saja di – hack.
Kejadian yang menimpa TembemzJG bukan cuma terjadi satu atau dua kali. Seiring dengan berkembangnya online game, pencurian tersebut juga makin sering terjadi. Hal ini berkaitan langsung dengan keamanan password. Seseorang yang berniat mengambil milik orang lain harus mengetahui password orang tersebut. Bagaimana caranya, serta bagaimana mengatasinya akan dijelaskan kemudian.
Masalah lain adalah penggunaan software ilegal. Contohnya adalah speed-hack, yang mampu mempercepat gerak character. Selain itu ada pula penggunaan bot, aplikasi yang dapat menjalankan character secara otomatis. Kedua masalah tersebut tidak merugikan seseorang secara langsung, melainkan lebih kepada hilangnya semangat fair play dalam game tersebut.
Masalah lain yang mungkin dihadapi penyedia layanan online game adalah adanya penyusup ke game database. Namun karena masalah ini belum begitu terdengar di Indonesia, makalah ini tidak akan membahas hal tersebut.


Ruang lingkup

Makalah ini membahas keamanan dalam online game, terutama keamanan password, serta penggunaan software ilegal.
Ruang lingkup online game yang dibahas dalam makalah ini adalah game yang dimainkan secara online melalui jaringan internet. Secara spesifik, game yang dimaksud adalah Ragnarok Online, Risk Your Life, Tantra Online, serta Gunbound, yang semuanya memiliki server lokal Indonesia.


Ancaman terhadap password

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana seseorang bisa memperoleh password orang lain.1)
Keylogger
Pada dasarnya, keylogger akan merekam penekanan tombol pada keyboard dan menyimpannya pada suatu tempat untuk selanjutnya diambil kembali. Secara teknis, keylogger akan merekam semua tombol keyboard yang ditekan, kecuali [ctrl]+[alt]+[del]. Keylogger dapat menyimpan data pada komputer tersebut, atau mengirimkannya melalui internet/jaringan.
Keylogger sulit untuk dideteksi secara manual, karena memang didesain untuk bekerja secara tersembunyi. Untuk mendeteksinya perlu digunakan software khusus.
Salah satu cara yang dapat dilakukan user untuk mengatasi keylogger adalah penggunaan mouse, misalnya dengan Virtual Keyboard.
Packet Sniffer
Packet Sniffer adalah suatu tool yang digunakan untuk mengakses semua data yang dikirim melalui jaringan. Saat seorang user mengirimkan user-id dan password – nya untuk login, informasi tersebut dikirimkan ke internet melalui WinSock. Informasi yang seharusnya bersifat rahasia ini bisa diakses dengan menggunakan packet sniffer, sehingga password seseorang dapat diketahui.
Packet sniffer ini mustahil diatasi oleh user. Tool tersebut tidak harus berada di komputer client, cukup diletakkan di komputer yang menjadi gateway – nya.
Salah satu cara mengatasinya adalah mengenkripsi paket, dan cara ini terbukti mengurangi resiko password diketahui orang lain. Namun ada masalah lain dengan packet sniffer ini. Meskipun terenkripsi, seseorang dapat mengambil outgoing packet dan mengirimnya berulang – ulang (serangan ini disebut “replaying packets”). Bayangkan jika paket tersebut berisi perintah sebuah pesawat menembakkan sinar laser, replaying packets dapat memberikan keuntungan dengan membuat pesawat menembakkan sinar laser berkali – kali dengan sangat cepat.2)
Peeping Tom
Ini adalah masalah paling klasik dalam keamanan password, yaitu orang yang mengintip pada saat user memasukkan user- id dan password. Hal ini dapat dengan mudah terjadi di game center. Seseorang bisa berpura – pura hendak menonton permainan orang lain, namun ternyata berniat melihat jari – jari tangan yang hendak memasukkan password.
Cara mengatasinya adalah dengan kesadaran user sendiri untuk berhati – hati.

Penggunaan Software Ilegal

Selain packet sniffer sebagai software ilegal yang telah dibahas sebelumnya, berikut ini adalah beberapa contoh lainnya.
Speed Hack
Secara umum software ini berfungsi mempercepat waktu respon client terhadap server. Efek yang dihasilkan, character yang menggunakan speed hack akan bergerak lebih cepat dari normal. Speed hack bekerja seperti packet sniffer, yaitu dengan memanipulasi paket yang dikirimkan ke server. Tentu saja aplikasi ini bergantung pada game itu sendiri, bagaimana komunikasi client – server dilakukan. Game yang memiliki celah untuk penggunaan speed hack adalah Risk Your Life.
Bot
Kualitas suatu character dalam online game antara la in ditentukan oleh levelnya. Dan untuk memperoleh level tinggi, user pemilik character tersebut wajib mencari experience point, yang diperoleh dengan membunuh monster. Tentu saja user seharusnya memainkan sendiri character – nya. Namun kini banyak beredar aplikasi yang dapat menjalankan character secara otomatis, sehingga user yang menggunakannya dapat memperoleh level tinggi tanpa susah payah menyisihkan waktu berburu monster. Aplikasi tersebut dinamakan bot. Yang perlu dilakukan hanya jalankan bot, login ke game server, lalu biarkan character berjalan sendiri sementara user pergi kuliah atau tidur. Penggunaan bot sangat marak dalam Ragnarok Online.


Penanganan

Penggunaan Software Khusus
Penyedia layanan online game pada umumnya mengintegrasikan softwa re khusus ke dalam aplikasi game – nya untuk mengatasi masalah – masalah yang telah dijelakskan sebelumnya.
Salah satu aplikasi yang banyak dipakai di Indonesia adalah nProtect GameGuard yang dikembangkan oleh Inca Internet Co, Ltd., sebuah software house asal Korea Selatan.3)
Fitur utama nProtect Gameguard adalah sebagai berikut.
    • Diagnosa dan blokade paket/kode yang tidak dikenal.
    • Blokade usaha manipulasi terhadap game client.
    • Perlindungan pribadi terhadap security modul.
    • Mendeteksi adanya speed hack
    • Mengoptimalkan CPU occupancy rate
      Keamanan Dalam Bermain Games Online

      System Flow Chart nProtect GameGuard dapat dilihat di gambar 1.
      NProtect GameGuard terbukti efektif mengatasi keylogger dan beberapa aplikasi sniffer, speed hack, dan bot. Meskipun demikian, masih ada beberapa versi aplikasi speed hack dan bot yang dapat menembus proteksi nProtect GameGuard.
      Di Indonesia, nProtect GameGuard dipakai oleh Lyto sebagai penyedia Ragnarok Online dan serta Cib Net sebagai penyedia Risk Your Life.4).
      Aplikasi proteksi sejenis antara lain adalah AhnLab HackShield dan Fortinet’s Fortigate TM -3000.
      AhnLab HackShield merupakan produk dari AhnLab, Inc., pesaing Inca Internet yang juga berasal dari Korea Selatan. HackShield antara lain dipakai dalam sebuah online game bertipe pacuan kuda bernama Derby Owners Club Online, keluaran Sega Corp., Jepang. Game tersebut tidak dikenal di Indonesia, selain karena pacuan kuda kurang populer di Indonesia, game itu sendiri baru dirilis pada tanggal 16 Desember 2004.5)
      Fortinet’s    Fortigate TM -3000 merupakan produk dari Fortinet Inc., sebuah software house yang berpusat di Sunnyvale, California. FortigateTM -3000 antara lain digunakan oleh AsiaSoft Int’l Co. Ltd., penyedia layanan Ragnarok Online di Thailand.6).
      Perbaikan Game
      Cara lain mengatasi masalah keamanan online game adalah dengan menutup celah – celah yang ada. Contohnya adalah untuk mencegah packet replaying dengan sniffer serta speed hack , adalah dengan memberikan sequence number pada tiap paket. Jadi apabila server menerima paket dengan sequence number yang tidak tepat, maka otomatis dianggap sebagai kecurangan.
      Kesadaran user
      Sebagian besar kasus yang terjadi di Indonesia adalah karena kelalaian user dalam menjaga password – nya. Bisa karena password yang gampang ditebak, atau karena peeping tom. Dibutuhkan kesadaran user untuk membuat password yang tidak mudah ditebak, serta kehati – hatian dalam menyimpannya. Ada baiknya dilakukan penggantian password secara berkala.


      Kesimpulan dan Saran

      Kesenangan dalam bermain online game kadang terganggu oleh orang – orang yang serakah. Pencurian aset dalam online game tentu sangat merugikan. Kemudian adanya user yang dengan mudah mencapai level tinggi tanpa harus susah payah menyisihkan waktu tentu dapat merusak suasana fair play. Yang dapat dilakukan adalah mencegah. Peyedia layanan online game telah mengintegrasikan software khusus. Yang harus dilakukan oleh user adalah meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga password. Alangkah baiknya jika semua user sadar akan pentingnya bermain dengan fair, tanpa melakukan kecurangan.

      Referensi

      1. C. Kenni, Security Tips, http://www.ragnafilia.com
      2. Andrew and C. Kirmse, Security in Online Game, http://www.gamasutra.com 
      3. nProtect GameGuard, http://eng.nprotect.co.kr 
      4. nProtect Partners, http://eng.nprotect.co.kr 
      5. AhnLab to Guard Sega’s Online Game, http://www.ahnlab.com/english 
      6. Press Releases, http://www.fortinet.com
      Share This :

      Artikel terkait : Keamanan Dalam Bermain Games Online

      Posting Lebih Baru Posting Lama

      0 komentar: