Proteksi Perangkat Lunak dengan Algoritma Kirptografi Kunci Publik

Abstrak

     Perkembangan internet membuat distribusi perangkat lunak semakin mudah. Pengguna dapat men-download file instalasi langsung dari situs pembuat perangkat lunak di internet. Dengan sistem pendistribusian tersebut muncul permasalahan: bagaimana menjaga keaslian perangkat lunak dan bagaimana membatasi perangkat lunak agar dapat digunakan pihak tertentu saja. Dalam makalah ini permasalahan tersebut dicoba untuk diatasi dengan menerapkan beberapa metode proteksi perangkat lunak berbasis algoritma kriptografi kunci publik.

Pendahuluan
     Seiring dengan berkembangnya internet, terjadi banyak perubahan dalam sistem pendistribusian perangkat lunak. Perangkat lunak yang dahulu biasa distribusikan melalui toko-toko penjual perangkat lunak, sekarang dapat diperoleh dengan men-download file instalasinya langsung dari situs pembuat perangkat lunak, atau melalui situs-situs yang menyediakan berbagai perangkat lunak yang dapat di-download.

Dari sistem pendistribusian seperti di atas muncul beberapa masalah yang harus diperhatikan oleh pembuat perangkat lunak. Diantaranya:

  • Bagaimana menjaga keaslian perangkat lunak dari upaya perubahan oleh pihak luar.
  • Bagaimana membatasi perangkat lunak agar hanya dapat digunakan oleh pihak tertentu, misalnya pihak yang sudah membeli perangkat lunak tersebut
Makalah ini mencoba menjawab kedua pertanyaan di atas. Metode yang digunakan dititik beratkan pada penggunaan algoritma kriptografi kunci publik. 

Menjaga Keaslian Perangkat Lunak

      Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian file program adalah dengan menghitung nilai hash dari file tersebut dan menyimpan pada tempat tertentu, misalnya ditambahkan (embed) di akhir file asli (gambar 1). Kemudian ketika program berjalan, di awal proses ia menghitung kembali nilai hash untuk dirinya sendiri, dan membandingkannya dengan nilai hash yang telah disimpan sebelumnya. Bila kedua nilai sama, maka dapat diasumsikan bahwa file program tersebut masih asli. 
Proteksi Perangkat Lunak dengan Algoritma Kirptografi Kunci Publik
     Kelemahan metode ini adalah apabila pihak luar ingin memodifikasi program utama, ia dapat menghitung kembali nilai hash dari program termodifikasi dan menimpa nilai hash lama dengan nilai hash baru.

     Dengan sedikit perubahan, metode di atas dapat diadaptasi untuk menggunakan tanda tangan digital (gambar 2). Langkah pertama yang harus dilakukan pembuat perangkat lunak adalah membangkitkan sepasang kunci --kunci publik dan kunci privat-- sebagai parameter untuk algoritma kriptografi kunci publik. Kunci yang dibangkitkan sebaiknya memiliki panjang tertentu untuk meningkatkan faktor keamaanan. Misalnya untuk algoritma RSA disarankan panjang kunci minimal adalah 1024-bit1). Dengan menggunakan kunci privat maka dapat dihitung tanda tangan digital file program. Tanda tangan digital dan kunci publik kemudian ditambahkan di akhir file program.

Proteksi Perangkat Lunak dengan Algoritma Kirptografi Kunci Publik
     Kelemahan metode proteksi perangkat lunak menggunakan fungsi hash juga muncul pada metode tanda tangan digital. Pihak luar yang ingin memodifikasi program dapat membangkitkan kunci privat dan publiknya nya sendiri. Kemudian menghitung tanda-tangan digital menggunakan kunci privat miliknya (bukan milik pembuat perangkat lunak), dan mengganti kunci publik dan tanda tangan digital pada program terproteksi dengan nilai yang baru.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, kunci publik dibuat agar tidak dapat dimodifikasi oleh pihak luar. Misalnya dengan menyimpannya, tidak dalam program, melainkan pada server di internet. Dengan begitu pihak luar tidak dapat menghitung tanda tangan digital yang sesuai dengan kunci publik karena ia tidak mengetahui kunci privatnya. Sehingga bila terjadi modifikasi file, akan mengakibatkan proses verifikasi gagal. 


Membatasi Penggunaan Perangkat Lunak

     Banyak perangkat lunak yang tersedia saat ini menggunakan kode registrasi untuk membatasi penggunaan perangkat lunak. Ketika perangkat lunak dijalankan tanpa menggunakan kode registrasi yang benar maka ada beberapa fungsionalitas program yang tidak dapat diakses.

Dalam bukunya, Cerven1) menyebutkan bahwa ada beberapa tipe proteksi menggunakan kode registrasi , diantaraya:
 

  1. Kode registrasi selalu sama 
  2. Kode registrasi berubah sesuai informasi yang dimasukkan (perusahaan, nama, dan seterusnya) 
  3. Kode registrasi berubah sesuai spesifikasi komputer pengguna 
  4. Kode registrasi diperiksa secara online

     Tipe-tipe proteksi diatas dapat dibuat dengan memanfaatkan algoritma kriptografi kunci publik, khususnya dalam penggunaannya untuk tanda tangan digital. Yaitu dengan cara menganggap informasi yang dibutuhkan untuk proses registrasi (misalnya nama perusahaan, nama pengguna, spesifikasi komputer pengguna, dan seterusnya) sebagai dokumen yang akan ditandatangani. Nilai tanda tangan digital yang dihasilkan merupakan kode registrasinya.

     Kode registrasi tersebut kemudian dapat dikirimkan kepada pengguna menggunakan email atau media pengiriman lainnya. Berikut ini adalah contoh kode registrasi sebuah perangkat lunak yang menggunakan algoritma kriptografi RSA-2048 bit:

     Pada contoh di atas kode registrasi terlihat panjang, sehingga sulit untuk ditulis oleh pengguna. Dengan adanya permasalaah ini, beberapa pembuat perangkat lunak memilih untuk menggunakan kunci yang pendek, sehingga dihasilkan kode registrasi yang lebih singkat. Namun tentunya langkah ini mengurangi tingkat keaamanan perangkat lunak. Berikut ini adalah contoh kode registrasi sebuah perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan algoritma kriptografi Elliptic-Curve 62-bit:
Proteksi Perangkat Lunak dengan Algoritma Kirptografi Kunci Publik
Kesimpulan
Permasalahan yang ditemui pada pendistribusian perangkat lunak melalui internet adalah: bagaimana menjaga keaslian perangkat lunak dan bagaimana membatasi perangkat lunak agar dapat digunakan pihak tertentu saja.

Permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan algoritma kriptografi kunci publik, terutama dalam pemanfaatannya untuk tanda tangan digital.

Untuk menjaga keaslian perangkat lunak dapat dihitung tanda tangan digital dari file program. Nilai yang dihasilkan dapat ditambahkan pada akhir file program.

Untuk membatasi penggunaan perangkat lunak dapat digunakan kode registrasi. Informasi-informasi yang dibutuhkan dalam proses registrasi dapat dianggap sebagai dokumen yang akan ditandatangani. Nilai tanda tangan yang dihasilkan merupakan kode registrasi perangkat lunak.
 

Referensi
  1. Cerven, Parfol, Crackproof Your Software, No Scratch Press, San Fransisco, 2002.
Share This :

Artikel terkait : Proteksi Perangkat Lunak dengan Algoritma Kirptografi Kunci Publik

Posting Lebih Baru Posting Lama

0 komentar: