Beberapa Efek Positif Dari Bermain Game

Beberapa  Efek Positif Dari Bermain Game

Bagi seseorang yang sudah kecanduan bermain game, mungkin hidupnya terasa ada yang kurang jika tidak memainkan salah satu game favoritnya dalam jeda beberapa waktu saja. Banyak game dengan berbagai platform, seperti PC, PlayStation, Xbox, dan lainnya. Genrenya pun juga beragam, mulai dari Action, Advanture, Strategy, Sports  dan masih banyak genre populer yang lain.
Dikalangan umum saat ini jika terdengar kata “bermain game” pasti konotasinya cenderung ke arah negatif, namun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar.  Memang suatu hal pasti mempunyai dua sisi yang berbeda, namun jika dilihat secara lebih luas ternyata dengan bermain game ada beberapa hal positif yang bisa didapatkan.
Berikut hal-hal positif yang didapatkan melalui bermain video game:
  • "Melatih Kesabaran" Seorang gamers sudah diuji di awal sebelum video games dimainkan, sebuah kata yang tidak asing lagi berupa “loading, please wait…”. Ditambah lagi jika video game tersebut didesain dengan kesulitan yang cukup tinggi dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang lama hingga berhari hari. Cukup menguji kesabaran bukan? Seorang gamers profesional bisa dipastikan mempunyai tingkat kesabaran yang cukup tinggi. 
  • "Membantu memperkuat memori" Dalam sebuah game mau tidak mau harus membuat si pemain hafal dengan setiap detail dalam setiap permainan. Sebagai contoh jika akan menggerakkan sebuah karakter dalam game pastinya harus menekan sebuah kombinasi tombol yang cukup kompleks. Disinilah daya ingat seorang gamers diuji.
  • "Meningkatkan kemampuan problem solving skills" Setiap game mempunyai  jalan cerita dan masalah yang harus dipecahkan. Sebagai “pemeran utama” seorang gamers harus cerdik dalam menemukan solusi dari setiap permasalahan untuk naik pada level yang lebih tinggi, sama seperti di kehidupan nyata.
  • "Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan" Beberapa genre game menuntut pemainnya untuk berpikir secara cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, salah sedikit saja bisa-bisa game over. Dalam kehidupan nyata juga sama, ada kalanya anda dihadapkan dengan situasi sama dimana anda perlu membuat keputusan dengan cepat dan akurat. Namun jangan harap anda bisa me restart keputusan anda di dunia nyata.
  • "Dapat mengurangi stress" Disaat stress karena banyak pekerjaan atau tugas, anda bisa rileks sejenak dengan memainkan game favorit yang sifatnya mengibur. Setelah itu jangan lupa untuk segera selesaikan pekerjaan yang  telah anda tunda sebelumnya.
  • "Mengurangi rasa sakit" Jika anda sedang kurang enak badan, cobalah untuk bermain game sejenak. Rasa sakit yang ada pada tubuh biasanya sedikit berkurang karena anda terlalu fokus dengan game. Itulah kenapa biasanya orang tua sering memberikan sebuah perangkat permainan pada anaknya ketika sedang sakit.
  • "Meningkatkan kerja tim" Kerjasama dan kebutuhan untuk membangun sebuah team work juga ada dalam beberapa video game, terutama pada game online. Biasanya perlu kerjasama tim yang bagus untuk mendapatkan kemenangan.
  • "Mengajarkan sportifitas dan fairplay" Perlu diketahui bahwa dalam bermain video games juga terdapat nilai-nilai yang umumnya terdapat dalam olahraga dan sebuah organisasi. Saat bermain game tentunya sebagai seorang pemain harus bermain dengan fair play dan tidak bermain curang. Begitu juga saat kalah maupun menang, mereka yang bermain harus menerima hasil akhir dengan sportif.
  • "Sekaligus belajar bahasa inggris" Jika diamati lebih detail, ternyata seorang gamers mempunyai kemampuan berbahasa Inggris lebih baik daripada mereka yang non gamers. Karena pada umumnya dalam video game menggunakan bahasa Inggris, hal ini membuat gamers khususnya di Indonesia terbiasa dengan bahasa Inggris.
  • "Mendapat teman baru" Pada game online seperti Dota 2, Grand Theft Auto, Need for Speed, dan lain-lain terdapat gamers dari berbagai wilayah di dalam maupun luar negeri. Terkadang kita harus berinteraksi melalui chat dan bahkan bisa berkenalan. Dalam sebuah game kita juga bisa mendapat teman baru jika suatu saat ada kegiatan “kopi darat” antar penggemar games tertentu.
Terlepas dari efek negatif yang diakibatkan oleh sebuah games, ternyata masih ada hal-hal positif yang didapatkan. Namun tentu saja hal ini kembali pada pribadi seorang gamers itu sendiri, alangkah baiknya seorang gamers mampu menyesuaikan diri saat berada didalam dunia games maupun di dunia nyata. Seorang gamers harus mampu menyeimbangkan antara waktu belajar ataupun bekerja dengan aktifitas bermain game.
Selamat bermain!

Sumur.
Share This :

Artikel terkait : Beberapa Efek Positif Dari Bermain Game

Posting Lebih Baru Posting Lama

0 komentar: